Minggu, 26 Juli 2009

species baru


Spesies baru terus ditemukan dan beberapa di antaranya mengejutkan. Salah satunya adalah mikro-organisme extremophiles yang dapat bertahan hidup di dalam air mendidih dan di radiasi sinar ultraviolet.


Awal pekan ini, tabloid India Mail Today melaporkan temuan luar biasa itu. Para ilmuwan asal Center of Cellular and Microbiology, Hyderabad, India Selatan, menemukan mikro-organisme itu pada ketinggian 40 km di atas permukaan bumi.

Pemimpin tim ilmuwan, S Shivaji mengatakan ia telah meneliti bakteri di Antartika, Samudera Kutub Utara dan Gletser Himalaya. “Tiga spesies baru yang ditemukan berbeda dengan semua spesies yang sejauh ini dilaporkan di dalam catatan ilmiah,” demikian Shivaji kepada suratkabar itu.

Bakteri itu dapat bertahan pada radiasi ultraviolet (UV) dosis tinggi, tumbuh pada kondisi gizi rendah, dan memiliki susunan asam lemak yang memungkinkan mereka bertahan hidup dalam kondisi ekstrem.

Spesies baru itu kini diisolasi dan semuanya dikumpulkan dari ketinggian 20-41,4 km pada April 2005. Sementara kekebalan pada bakteri itu baru ditemukan pekan ini.

Para ilmuwan mengatakan sulit untuk meramalkan bagaimana bakteri dapat bertahan hidup di lingkungan yang rendah oksigen semacam itu.

Penelitian ini juga menimbulkan pertanyaan mengenai kelangsungan hidup bakteri dan mengarah pada pengenalan lebih lanjut Pada akhirnya diharapkan akan menemukan beragam penerapan produk yang berlandaskan bioteknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar